Kamis, 15 Agustus 2019

MEMBUAT NPWP DI JOGJA GRATIS DAN GAMPANG

Apa sih NPWP itu? NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) adalah nomor yang diberikan kepada Wajib Pajak sebagai sarana dalam administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas Wajib Pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya (https://www.pratama.co)

Beberapa waktu lalu saya membuat NPWP untuk pertama kalinya. Untuk kalian yang tinggal di wilayah Jogja, kalian punya dua pilihan nih untuk bikin NPWP.
Pertama, langsung dateng ke kantor pajak KPP Pratama Sleman yang berlokasi di Ringroad Maguwoharjo,
Kedua, kalian bisa bikin lewat online.

Nah kali ini gue akan share poin pertama.
Syarat-syaratnya gampang banget:
1. Fotokopi KTP kalian
2. Bawa surat keterangan status pekerjaan kalian. Gue bawa surat SK fotokopian penerimaan dosen dulu.

Hal yang penting banget jika temen2 mau urus langsung ke kantornya adalah DATANG PAGI.
Gue meluncur dari rumah di godean pukul 6.30 an pagi, nyarap dulu, sampai di lokasi pukul 07.30.
Karena lumayan jauh juga. Sehingga pastikan kalian bener2 liat waktunya.
Lokasi kantor pajaknya persis di depan perumahan Casa Grande. 
Parkiran mobil dan motor lumayan luas. Setibanya di lokasi cus aku masuk ke dalam kantor.
Sudah ada sekitar 7 orangan yang mengantri.
Sistem antrian lewat sistem, lu klik maka keluar nomor antrian.
Nah JANGAN sampe salah klik ya, karena ada beberapa pilihan.
Gue milih pembuatan NPWP untuk pribadi (pekerjaan).
Aku dapet nomor antrian 3. Sembari menunggu loketnya buka di jam 8 pagi, aku mengisi formulir,
formulir pengisian biodata terletak di sudut belakang atau tepatnya deket dengan pintu masuk.

Tak lama nomorku dipanggil. Petugasnya ramah-ramah banget. Hanya sekitar 10 menitan, NPWP-ku jadi. Nah simple dan gampang banget kan?
Petugasnya juga jelasin dengan adanya NPWP ini kita wajib nih lapor pajak potongan gaji kita per Januari setiap awal tahun. Apabila temen-temen lupa, KENA DENDA Rp. 100.000,-
Untuk ngelapor ini ada dua cara, langsung ke kantornya bawa slip gaji lu atau lewat online masuk ke link ini https://djponline.pajak.go.id/account/login

Lalu gue nanya ke petugasnya:
"Mbak kalau besok saya nikah apakah NPWP nya tetep sama?"

Dan jawabannya:
Ada 2 pilihan, lu bisa tetep pake NPWP-nya tapi update status or yang kedua lu bisa ikut NPWP suami.

Jam 08.30 semua kelar dan gue meluncur ke kampus.

Nah untuk yang sistem pembuatan online kalian bisa klik link ini: https://ereg.pajak.go.id/login 
Dan ada juga loh jasa kirimnya ke rumah lo yang males atau sibuk mau ambil kartunya, and semua freeee alias gratiss.
Pilihan ada ditangan Anda.
Alasanku kenapa dateng langsung ke kantornya, ya pertama waktunya lagi longgar, dan kepengen aja ke sana, karena belum pernah masuk kantor pajak. Haha.


Semoga informasinya membantu!









Tidak ada komentar:

Posting Komentar