Jumat, 13 Juli 2018

Tantangan Revolusi Industri 4.0

Tulisan ini merupakan sekilas rangkuman yang Penulis buat sedemikian rupa dari mengikuti Seminar Nasional di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang diadakan oleh Program Doktoral Psikologi Islam pada tanggal 27 April 2018.
Semoga bermanfaat!

Perubahan dalam aspek sosial, ekonomi, dan budaya serta aspek lainnya dalam memandang dunia berjalan begitu sangat cepat disebabkan oleh kecanggihan teknologi. Sebagai contoh di Taiwan dengan adanya teknologi memberikan social impact yang luar biasa. Dimana saat ini kita hidup di era apa yang disebut dengan Era Disruptif yakni era dimana teknologi menggantikan hal-hal yang konvensional, misalnya teknologi robot. Namun disisi lain era ini memberikan dampak semakin tergerusnya nilai-nilai humanity dan sederet masalah lainnya. Sebut saja banyak hacker yang membobol web-web pertahanan milik pemerintah. Isu-isu big data yang bocor, masalah-masalah yang ditimbulkan dari media sosial, sampai pada tahap yang paling mengkhawatirkan adalah lose of humanity atau kehilangan nilai kemanusiaan. 

Perubahan yang sangat drastis yang terjadi saat ini jika dibandingkan 10 tahun yang lalu sangatlah berbeda jauh. Jika Facebook pada awalnya dibuat berfungsi hanya sebagai connecting student di Harvard, saat ini fungsi Facebook sudah sangat beragam hingga menimbulkan fungsi sosial yang sangat negatif yaitu bullying kadangkala untuk kepentingan politik. 
Tidak hanya sebatas media sosial yang beralih fungsi, namun dampak lainnya terjadi secara keilmuwan yakni terkait ahli ahli keagamaan atau biasa disebut ulama, yang mana mereka secara keilmuwan memiliki otoritas keagaman yang menjadikan mereka mampu berbicara di muka publik. Namun saat ini, kemunculan ahli-ahli baru ternyata banyak yang serba instan bahkan secara pengetahuan agama masih sangat minim. Sebagai contohnya, siaran televisi yang mendatangkan ahli-ahli baru dadakan lalu berbicara di layar televisi. Belum lagi generasi milenial yang cenderung menikmati ceramah dari ustad-ustad yang viral misalnya di Youtube

Jika membicarakan tentang Revolusi Industri 4.0 maka karakteristiknya biasanya seputar hal-hal berikut ini:
1. Digital Economy
2. Artificial Intellegency
3. Big Data
4. Robotic
5. Quantum Komputasi
6. Bioteknologi
7. Kendaraan Otomatis.

Dengan beragam perubahan yang di berikan dari hadirnya Revolusi Industri, memacu manusia untuk melakukan pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia) yang bisa berdaya saing dan mempelajari dampak negatif yang diakibatkan seperti dehumanisasi lalu mencari soslusinya. Jangan sampai revolusi industri yang telah mengganti peran manusia ke mesin atau robot, berlanjut menjadi mengganti hati manusia menjadi mesin atau robot. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar